Lanjut ke konten

Pengakuan Seorang Bandit Ekonomi – 15

26 Maret 2012

BAB 13

PERCAKAPAN DENGAN JENDERAL

Image

Undangan itu datang secara tak terduga. Suatu pagi selama kunjunganku pada tahun 1972 itu, aku sedang duduk di dalam sebuah kantor yang telah diberikan kepadaku di Instituto de Recursos Hidraulicos Electrijtcacion, perusahaan listrik yang dimiliki oleh pemerintah Panama. Aku sedang mencermati selembar statistik ketika seorang laki-laki mengetuk pintu dengan lembut pada bingkai pintuku yang terbuka. Aku mengundangnya masuk, merasa senang karena mempunyai alasan untuk mengalihkan perhatianku dari angka-angka itu. Ia memperkenalkan dirinya sendiri sebagai pengemudi sang jenderal dan mengatakan bahwa ia datang untuk membawaku ke salah satu bungalo sang jenderal.

Satu jam kemudian, aku duduk di seberang meja Jenderal Omar Torrijos. Ia berpakaian santai, dalam gaya khas Panama: celana panjang dril dan kemeja berlengan pendek dengan krah berkancing di muka, berwarna biru terang dengan pola hijau yang halus. Ia jangkung, bugar, dan tampan. Ia secara mengagumkan tampak santai untuk seseorang dengan tanggung jawab seperti dirinya. Segumpal rambutnya yang hitam jatuh ke atas dahinya yang menonjol.

Ia bertanya tentang perjalananku ke Indonesia, Guatemala, dan Iran. Ketiga negara itu mempesonanya, tetapi tampaknya ia terutama tertarik pada raja Iran, Shah Mohammad Reza Pahlevi. Shah mulai berkuasa pada tahun 1941, setelah Inggris dan Soviet menggulingkan ayahnya, yang mereka tuduh telah berkolaborasi dengan Hitler.

“Dapatkah Anda membayangkan,” tanya Torrijos, “menjadi bagian dari komplotan untuk menurunkan ayah Anda sendiri dari takhta?”

Kepala negara Panama itu mengetahui banyak sekali tentang sejarah negara yang jauh itu. Kami membicarakan tentang bagaimana keadaan berbalik pada tahun 1951 , ketika perdana menterinya sendiri, Mohammed Mossadegh, memaksanya ke pengasingan. Torrijos mengetahui, seperti halnya sebagian besar negara di dunia, bahwa CIA-lah yang telah memberi label komunis kepada perdana menteri itu, dan yang turun tangan untuk mengembalikan kekuasaan shah. Akan tetapi, ia tidak mengetahui – atau sedikitnya tidak mengatakan – bagian yang telah dikisahkan Claudine kepadaku tentang manuver Kermit Roosevelt yang brilian dan fakta bahwa ini telah menjadi awal era baru imperialisme, korek api yang telah menyalakan lautan api kekuasaan global.

“Setelah shah kembali ke pucuk kekuasaan,” Torrijos melanjutkan, “Ia meluncurkan serangkaian program revolusioner yang ditujukan untuk mengembangkan sektor industri dan membawa Iran ke era modern.”

Aku bertanya kepadanya, bagaimana ia dapat mengetahui demikian banyak tentang Iran.

“Saya menganggapnya penting,” ia berkata. “Saya tidak berpikir terlalu tinggi tentang politik shah – kesediaannya untuk menggulingkan ayahnya dan menjadi boneka CIA – tetapi tampaknya seolah -olah ia melakukan hal-hal yang baik untuk negaranya. Barangkali saya dapat belajar sesuatu darinya. Jika ia bertahan.”

“Anda pikir ia tidak akan bertahan?”

“Ia mempunyai musuh-musuh yang kuat.”

“Dan beberapa dari pengawal-pengawal yang terbaik di dunia.”

Torrijos memandangku tajam. “Polisi rahasianya, SAVAK, mempunyai reputasi sebagai penjahat kejam yang tidak mengenal belas kasihan. Itu tidak menghasilkan banyak teman. Ia tidak akan bertahan jauh lebih lama lagi.” Ia berhenti sebentar, kemudian memutar bola matanya. “Pengawal?

Saya sendiri juga punya beberapa.” Ia melambai ke arah pintu. “Anda pikir mereka akan menyelamatkan nyawa saya jika negara Anda memutuskan untuk menyingkirkan saya?”

Aku bertanya apakah ia benar-benar melihat hal itu sebagai sebuah kesempatan, Ia menaikkan alis matanya dengan suatu cara yang membuat saya merasa bodoh telah menanyakan pertanyaan seperti itu. “Kami mempunyai Terusan. Itu jauh lebih besar daripada Arbenz dan United Fruit.”

Aku telah meneliti Guatemala, dan aku memahami maksud Torrijos. United Fruit Company telah menjadi padanan politis negara itu terhadap terusan milik Panama. Didirikan pada akhir tahun 1800-an, United Fruit segera tumbuh menjadi salah satu kekuatan yang paling besar di Amerika Tengah. Selama awal tahun 1950-an, calon gerakan reformasi Jacobo Arbenz terpilih sebagai Presiden Guatemala di dalam suatu pemilihan yang dielu-elukan di seluruh belahan bumi sebagai model proses yang demokratis.

Pada waktu itu, kurang dari 3 persen penduduk Guatemala memiliki 70 persen dari seluruh tanah di Guatemala. Arbenz berjanji untuk membantu orang miskin bangkit keluar dari kemiskinan, dan setelah pemilihannya ia menerapkan sebuah program reformasi tanah yang menyeluruh.

“Kelas bawah dan menengah di seluruh Amerika Latin menyambut Arbenz,” kata Torrijos. “Secara pribadi, ia adalah salah satu pahlawan saya. Tetapi kami juga harap-harap cemas. Kami tahu bahwa United Fruit menentang langkah ini, karena mereka adalah pemilik lahan yang terbesar dan yang paling menindas di Guatemala. Mereka juga memiliki perkebunan yang besar di Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Jamaika, Nikaragua, Santo Domingo, dan di Panama sini. Mereka tidak dapat membiarkan Arbenz memberikan gagasan kepada kami semua.”

Aku tahu sisanya: United Fruit telah meluncurkan suatu kampanye hubungan masyarakat di Amerika Serikat, yang bertujuan untuk meyakinkan masyarakat Amerika dan Kongres bahwa Arbenz adalah

bagian suatu komplotan Rusia dan bahwa Guatemala merupakan satelit Soviet. Pada tahun 1954 CIA mengatur suatu kudeta. Pilot Amerika mengebom Guatemala dan Arbenz yang terpilih secara demokratis digulingkan, digantikan oleh Kolonel Carlos Castillo Armas, seorang diktator sayap kanan yang kejam.

Pemerintah yang baru berutang segalanya kepada United Fruit. Untuk berterima kasih, pemerintah membalikkan proses reformasi tanah, menghapuskan pajak atas bunga dan dividen yang dibayarkan kepada investor asing, menghilangkan pemilihan yang terahasia, dan memenjarakan beribu-ribu pengkritiknya. Siapa pun yang berani berbicara menentang Castillo dianiaya. Sejarawan melacak kekerasan dan terorisme yang menghantui Guatemala selama sisa abad itu hingga ke persekutuan yang hampir merupakan rahasia umum antara United Fruit, CIA, dan angkatan bersenjata Guatemala di bawah diktator kolonelnya.

“Arbenz dibunuh,” Torrijos melanjutkan. “Pembunuhan politis dan karakter.” Ia berhenti sebentar dan mengerutkan dahi. “Bagaimana mungkin rakyat Anda mempercayai sampah yang disiarkan oleh CIA, Saya tidak akan begitu mudah disingkirkan. Militer di sini adalah orang-orang saya. Pembunuhan politis tidak akan berhasil.” Ia tersenyum. “CIA sendiri yang akan harus membunuh saya!”

Kami duduk di dalam keheningan selama beberapa saat, masing-masing tenggelam di dalam pikirannya. Torrijos-lah yang berbicara pertama kali.

“Apakah Anda tahu siapa yang memiliki United Fruit?”

“Zapata Oil, perusahaan George Bush – duta besar kami untuk PBB.”

“Orang yang berambisi.” Ia membungkuk dan menurunkan suaranya, “Dan sekarang saya sedang menentang kroni-kroninya di Bechtel.”

Ini mengejutkan aku. Bechtel adalah perusahaan rekayasa yang paling kuat sedunia dan sering merupakan kolaborator pada proyek-proyek dengan MAIN. Di dalam kasus rencana induk Panama, aku telah menganggap bahwa merekalah salah satu dari pesaing utama kami.

“Apa maksud Anda?”

“Kami telah mempertimbangkan membuat sebuah terusan yang baru, yang berada di permukaan laut, tanpa pintu air. Terusan ini dapat menangani kapal yang lebih besar. Jepang mungkin tertarik untuk membiayainya.”

“Mereka adalah klien Terusan yang paling besar.”

“Tepat. Tentu saja, jika mereka menyediakan uangnya, merekalah yang akan melakukan konstruksinya.”

Pernyataan itu memukulku. “Bechtel akan tidak diikutsertakan.”

“Pekerjaan konstruksi yang paling besar di dalam sejarah terbaru.” Ia berhenti sebentar. “Presiden Bechtel adalah George Shultz, Menteri Keuangan Nixon. Anda dapat membayangkan pengaruh yang dimiliknya – dan sifatnya yang terkenal buruk. Bechtel dipenuhi oleh kroni Nixon, Ford dan Bush. Aku telah diberitahu bahwa keluarga Bechtel mengendalikan Partai Republik.”

Percakapan ini membuat aku sangat gelisah. Aku adalah salah satu dari orang-orang yang mengabadikan sistem yang begitu dipandang rendah olehnya, dan aku yakin ia mengetahuinya. Tugasku untuk meyakinkan ia agar menerima pinjaman internasional dengan pertukaran mempekerjakan perusahaan rekayasa dan konstruksi Amerika Serikat tampaknya membentur dinding raksasa. Aku memutuskan untuk menghadapi ia secara langsung.

“Jenderal,” aku bertanya, “mengapa Anda mengundang saya ke sini?” Ia melihat sekilas arlojinya dan tersenyum. “Ya, waktunya sekarang untuk membicarakan bisnis kami sendiri. Panama membutuhkan bantuan Anda. Aku membutuhkan bantuan Anda.”

Aku merasa bingung. “Bantuan saya? Apa yang dapat saya lakukan untuk Anda?”

“Kami akan menarik kembali Terusan itu. Tetapi itu tidak cukup.” Ia bersantai di kursinya. “Kami juga mesti bertindak sebagai model. Kami mesti menunjukkan bahwa kami peduli terhadap penduduk kami yang miskin dan kami mesti menunjukkan tanpa keraguan apa pun bahwa tekad kami untuk memenangi kebebasan kami tidak didikte oleh Rusia, China, atau Kuba. Kami mesti membuktikan kepada dunia bahwa Panama adalah sebuah negara yang adil, bahwa kami tidak menentang Amerika Serikat tetapi untuk hak-hak orang miskin.”

Ia menyilangkan kakinya. “Dalam rangka melakukan itu kami perlu membangun suatu dasar ekonomi yang tidak sama dengan yang ada di belahan bumi ini. Listrik, ya – tetapi listrik yang mencapai orang yang termiskin dari yang miskin dan diberi subsidi. Hal yang sama juga untuk transportasi dan komunikasi. Dan terutama untuk pertanian. Melakukan itu akan memerlukan uang – uang Anda, Bank Dunia dan Inter American Development Bank.”

Sekali lagi, ia membungkuk ke depan. Matanya menatap mataku. “Saya memahami bahwa perusahaan Anda menginginkan lebih banyak pekerjaan dan biasanya mendapatkannya dengan menggembungkan ukuran proyek – jalan raya yang lebih lebar, pembangkit tenaga listrik yang lebih besar, pelabuhan laut yang lebih dalam. Tetapi kali ini berbeda. Berikanlah kepada saya apa yang terbaik untuk rakyat saya, dan saya akan memberikan kepada Anda semua pekerjaan yang Anda inginkan.”

Apa yang diusulkannya sama sekali tak terduga, dan itu mengejutkan dan juga menggairahkan aku. Hal itu tentunya bertentangan dengan semua yang telah kupelajari di MAIN. Pastilah ia tahu bahwa permainan bantuan asing itu pura-pura saja – ia sudah tahu. Permainan itu ada untuk menjadikannya kaya dan untuk membelenggu negaranya dengan utang. Permainan itu ada sehingga Panama akan selamanya berkewajiban kepada Amerika Serikat dan corporatocracy. Permainan itu ada untuk menjaga Amerika Latin tetap berada di jalur ManifestDestiny dan selamanya tunduk kepada Washington dan Wall Street. Aku yakin ia mengetahui bahwa sistem itu didasari oleh asumsi bahwa semua orang yang berkuasa dapat disuap, dan bahwa keputusannya untuk tidak menggunakannya untuk manfaat pribadinya akan dianggap sebagai ancaman, suatu bentuk domino baru yang mungkin akan memulai suatu reaksi berantai dan akhirnya meruntuhkan keseluruhan sistem.

Aku melihat ke seberang meja kopi kepada laki-laki ini yang pasti memahami bahwa karena Terusan-lah ia dapat menikmati kekuasaan yang sangat khusus dan unik, dan bahwa kondisi itu menempatkannya ke dalam posisi yang amat berbahaya. Ia harus berhati-hati. Ia telah membuktikan dirinya sendiri sebagai seorang pemimpin di antara para pemimpin negara-negara terbelakang. Jika ia, seperti pahlawannya Arbenz, bertekad untuk menentang, dunia akan mengamatinya. Bagaimana sistem akan bereaksi? Lebih spesifik lagi, bagaimana pemerintah Amerika Serikat akan bereaksi? Sejarah Amerika Latin telah dipenuhi oleh pahlawan yang mati.

Aku juga tahu aku sedang melihat seorang laki-laki yang menantang semua pembenaran yang telah aku rumuskan untuk tindakanku sendiri. Laki-laki ini pasti mempunyai kekurangan pribadi, tetapi ia bukan perompak, bukan Henry Morgan atau Francis Drake – para petualang pembual yang menggunakan lisensi dari raja-raja Inggris sebagai selubung untuk mengesahkan perompakan itu. Gambar di papan iklan bukanlah kecurangan politis yang khas. “Gagasan Omar adalah kebebasan; peluru tidak ditemukan untuk membunuh suatu gagasan!” Bukankah Tom Paine telah menulis sesuatu yang serupa?

Meskipun demikian, hal itu membuat akuberpikir. Barangkali gagasan tidak akan sirna, tetapi apa yang akan terjadi dengan orang yang berada di belakangnya? Che, Arbenz, Allende. Dan itu menimbulkan pertanyaan lain: bagaimana aku akan meresponsnya, jika Torrijos memaksa menjalankan peran martir?

Pada saat aku meninggalkannya kami berdua sepaham bahwa MAIN akan memperoleh kontrak untuk rencana induk, dan bahwa aku akan memastikan kami melaksanakan usul Torrijos.

 

Bersambung…

Dari Bab 13 Percakapan Dengan Jenderal, Buku : Confessions of an Economic Hit Man

From → Economic Hit Man

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar